9/11/10

keliling Surabaya Utara

Ha!! Akhirnya hari ini saya jalan-jalaaannn....

Keliling Surabaya Utara sih.. masak taunya cuman JMP sama Gereja Kepanjen doang.. Mumpung hari ini masih libur Idul Fitri juga, jadi jalan ke sana juga sepi. Kalo hari biasa mah males, banyakan berantemnya sama supir2 bemo rese itu =.=

Oke.

Rencananya sih mau start dari pagi, kira2 jam 8an.. tapi ternyata saya baru bangun jam 10 sodara2... Hahahahaha.... #suckers. Akhirnya berangkat dari rumah baru jam sebelas-an deh :P Kesiangan banget, tapi untung hari ini langit berpihak padakuuu... Mendung euy, pas pula..gak sampe gelap gimana.. Sip!

Jalanan ke sana juga sip! Suepiiii pol, dan yang paling penting..... BEBAS bemo2 siyalan ituh..  hehe... Biasanya kalo dari rumah ke Pasar Atom butuh waktu sekitar 30 menitan, kali ini gak sampe.. Pokoke lancar jaya, cui!

Surabaya Utara ini termasuk kota tua. Banyak bangunan peninggalan Belanda dan letaknya mepet banget sama daerah Pecinan, and you know I'm a sucker for this combo hahaha... Spot pertama yang pengen saya kunjungi adalah Jalan Gula. Itu looo... yang sering jadi spot prewedding atau photoshoot. Dulu saya pernah sekali nyasar ke daerah situ.. tapi wong namanya nyasar, ya gak inget dong kalo disuruh balik ke sana lagi. Apalagi daerah situ kan mayan mbulet dan banyak jalur yang cuman ngebolehin kendaraan jalan satu arah doang. Jadi, kalo tempat yang mau dituju udah kelewatan, ya kudu muter jauh... (Iya gak sih? Apa saya yang emang ga tau jalannya, ya? Hehe..)

Mayan lama lo nyari Jalan Gula-nya.. Pake nyasar ke Jalan Bongkaran pula. Banyak trailer2 ekspedisi yang untungnya, hari ini cuman parkir, gak keliweran... Bayangin kalo jalan pas hari kerja trus mobil saya dipepet sama gajah2 itu T_T

Baru tau ternyata Jalan Bongkaran itu tembusnya ke Kembang Jepun yaa?? *berasa goblok pol*

Baru sekali ini looo, saya melewati Kembang Jepun alias Pecinan-nya Surabaya, hehehe... Kenapa? Ya soalnya kalo hari biasa nih tempat crowded luar biasa, males euy hihihi :P

Setelah mayan lama muter2 akhirnya ketemulah si Jalan Gula. Ternyata tempatnya biasa aje, sodara2!! Hikssss... Apanya yang bagus ya? Memang sih rumah2 di situ masih asli bikinan Belanda, daun pintu dan jendela nya juga.. Tapi gak se-eksotis bayangan saya sih.. Apa Jalan Gula yang saya lewatin tadi gak sama dengan Jalan Gula yang dibuat prewedding itu ya?? xD

Ya udah deh akhirnya cabut lanjut keliling2 deh. Sempat lewat satu kelenteng imut nan lucu di Jalan Selompretan. Pengen turun dan foto2, tapi takut kalo gak dibolehin. Benernya kalo bukan umat situ, boleh gak sih dateng ke sana buat motret2 doang gak pake sembahyang?? Kalo boleh saya juga pengen ke Kelenteng Boen Bio di Jalan Kapasan yang historis itu hehe..

Terussssss.... terusss nyetir sampe keluar di Jalan Karet (kalo gak salah). Nah, di ujung Jalan Karet ini kan jadi semacam tempat pengepulan besi tua, tapi yang ini lebih spesifik barangnya.. tuh, drum2 bekas-nya Pertamina... buanyaaakkkkkkk banget di sini, warna-warni, dan ditumpuk2 sampe tinggi banget, lebih cocok jadi facade rumah deh hahaha... Pengennya sih saya potret.

Tapiiiiiii....

Baru juga mepetin mobil, eh langsung muncul tole2 Madura... niatnya jadi juru parkir dadakan!! Pwehh.. Males banget lah. Akhirnya gak jadi parkir, saya langsung cabut jalan lagi dah.. Dasar tole2 asemm.. =.=

Oya.. sempat lewat di depan Rumah Abu Keluarga Han. Rumah Abu ini kapan ari sempat masuk koran, pas ada liputan Surabaya Heritage dan acara Melantjong Petjinan kalo saya gak salah. Barusan search di internet, ternyata kalo mau masuk kudu ijin sama yang punya... ya Keluarga Han itu... *ya iya lah..* Yang pas itu ikutan tour Melantjong Petjinan ya bisa masuk dan foto2 di dalem.. huhuhu.. Laen kali mau ikut ah, tapi kayaknya kudu nunggu deket2 Imlek deh.

Trus sempat pengen mampir ke Makam Peneleh juga... Gak kok, saya gak nyekar... juga gak semedi, apalagi nyari wangsit buat nomor togel. Niatnya ya poto2 lah.. Makam Peneleh ini kan makamnya orang Belanda. Tau style cemetery ala Eropa gak, yang banyak salib2 dan patung2 malaikat? Nah, makam Peneleh ini mirip2 gitu lah, tapi (sayangnya) dalam keadaan yang lebih jelek... lha wong orang sini gak bisa ngerawat. Masak tadi pas saya lewat sana, makamnya itu hampir gak keliatan sama sekali dari jalan.. Bukan karena pagarnya yang tinggi, bukan karena pagarnya tembok pula... tapi karena ketutupan sama gerobak2 sampah. Keterlaluan gak sih?! Sudah gitu patung2 malaikatnya banyak yang hilang juga.. jadi ya gak keliatan cantik lagi.. Swt! Pada maling semua...

Oya satu lagi... tadi sempat lewat Stasiun Semut yang lama, yang deket Pasar Atom itu loh. Emang saya tau jalannya dikasih nama Stasiun Kota, tapi no idea kalo ada mantan stasiun di situ. Lha wong bekas bangunannya ditutup sama odong2, trus di depan odong2 itu becak yang ngetem banyak banget.. Jelas gak keliatan lah. Sudah gitu sebagian besar bangunannya hancur dan berlumut. Hancur karena cuaca sih mending.. Masalahnya, yang bikin hancur ya si PT KAI sendiri... sembarangan bongkar tuh bangunan, padahal termasuk bangunan cagar budaya dan dilindungi Pemkot! Ngakunya PT KAI sih, mereka gak ngerti kalo tuh bangunan termasuk cagar budaya! Oh lala~~ *mana otakmuu... mana otakmuu....*

Sayang seribu sayang... Padahal kalo diliat dari sisa2nya, facade-nya, teralis2 besi-nya, kayaknya dulu cakep juga.. T__T


Surabaya Spoor Station, 1900




By the way, Yes... dari tadi ngomong doang, mana poto2nya??????




Lha itu!! Saya kan pergi berdua doang sama adek saya yang cewek.. Secara cuman kita berdua, cewek2 pula, dan daerah yang saya kelilingin tadi termasuk daerah yang banyak orang Madura-nya, akhirnya kita gak berani turun mobil dan foto2 deh... T___________T

Habisnya, bener2 sueeeppiii pi!!

Emang asyik... bisa ngebut... gak ada bemo... harusnya kalo mau motret2 juga bebas... gak ada yang ngeliatin...

Tapi, yah... kalo ada kenapa2 juga, gak ada yang nolongin, kan??!! Biar kata di situ juga banyak perumahan warga, mau teriak sampe pita suara putus, kalo yang punya rumah pada pergi liburan atau pulang kampung juga gimana dong??! *parno*

Liburan Idul Fitri gitu loh.


Hiks.


Gpp si.
Sekarang jalan2 dulu.. Laen kali ke situ rame2 ah.

1 comments:

Ryuuji September 17, 2010 at 1:34 PM  

hahaha..kirain ada pergi foto2 :P
gapapa deh, exploring dulu, nanti bawa gua pergi XD

  © Blogger templates Brooklyn by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP